Caraways: Cara Membuat Steak Seperti Di Restoran

Caraways - Cara membuat steak agar rasa dan tampilannya mirip dengan steak ala restoran sebenarnya sangat mudah, untuk itu saya mau berbagi tips dan caranya pada anda mengenai cara membuat steak agar hasilnya tak kalah enak dengan steak restoran. Cara membuat steak tak hanya bisa dipelajari oleh para Koki, tapi juga bagi anda yang mau berbisnis kuliner tak ada larangan belajar cara membuat steak ini, apalagi cara membuat steak adalah hal yang mudah dipelajari dan bahkan bisa langsung dipraktekkan untuk usaha anda. Dari pada panjang lebar, lebih baik langsung saja kita belajar cara membuat steaknya!

Dalam membuat steak ada beberapa tahap yang harus kita lakukan sampai steak tersebut bisa terhidang dengan tampilan yang menggiurkan di meja, mulai dari menyediakan bahan utama berupa daging, meramu bahan bumbu spesial steak, membakar steak dengan tips jitu, hingga menghidangkannya di meja dengan Garnish yang menawan.
cara membuat steak restoran

Bahan membuat steak
  1. 500 gr daging sapi sirloin (pangkal paha)
    bawang putih bubuk
  2. minyak zaitun
  3. garam
  4. air lemon
  5. mentega
  6. merica
Bahan pembuatan steak di atas adalah bahan umum dalam pembuatan steak, setelah saya memberikan proses pembuatannya akan saya berikan bahan-bahan steak khusus untuk makanan pendamping hidangan steak.

Sebelum lanjut cara membuat steaknya, ada baiknya saya memberikan anda tips-tips dalam membuat steak agar hasil maksimal dari steak yang dibuat bisa tercapai.

Tips-tips membuat dan mengolah steak
  1. Pilih bagian daging yang terlunak seperti sirloin (pangkal paha) atau topside untuk hasil steak yang terbaik. Dan jangan pernah memasak steak terlalu lama karena tekstur daging akan liat dan rasa manis khas daging akan berkurang. 
  2. Sebaiknya layukan daging dalam freezer terlebih dahulu semalaman agar tekstur dari daging lebih empuk.
  3. Apapun jenis dagingnya usahakan memotong dengan cara berlawanan dengan urat daging agar daging tidak liat. 
  4. Apabila steak disajikan dalam bentuk potongan besar, rendam dalam bumbu lebih lama agar bumbu meresap dan beri pengempuk daging (serbuk papain) agar tekstur daging tidak terlalu liat.
  5. Tingkat kematangan steak ada beberapa macam, seperti:
  • 'Very Rare' : untuk berat 225 gr daging dimasak selama 1 menit setiap sisinya. Pada tingkat ini, bagian luar daging berubah warna, sedangkan dalamnya masih mentah. 
  • 'Rare' : untuk setiap berat 225 gr daging, dimasak selama 2 menit setiap sisinya. Warna permukaan merah muda, sedang dalamnya mentah dan berdarah. 
  • 'Medium': untuk berat 225 gr daging dimasak 3-4 selama menit setiap sisinya. Bagian luar berwarna kecoklatan, dalamnya merah muda hampir matang. 
  • 'Well done' : untuk berat 225 gr daging dimasak selama 5 menit setiap sisinya. Daging matang, Untuk penggemar steak tingkat kematangan ini tidak desarankan sebab daging kehilangan gurihnya.
Selanjutnya, mari kita mulai belajar cara membuat steak! Pada tahap inilah penentuan bagaimana rasa dan tampilan steak anda nantinya. Salah cara membuat steak, maka akan membuat rasa dan tampilannya berantakan pula.

Cara membuat steak ala Restoran
  1. Potong daging menjadi tiga atau empat bagian. Rendam daging dalam larutan garam, daun paterseli, lada dan garam. Diamkan 30 menit agar bumbu meresap.
  2. Panaskan mentega pada grill pan. Masukan daging dan masak sampai daging matang. Angkat daging dari perapian, potong-potong.
  3. Saus: Tumis bawang bombay pada wajan bekas menggoreng steak, masukkan tepung terigu, pasta tomat, lada dan garam. Setelah harum, tambahkan air/kaldu, masak sambil diaduk hingga saus mengental. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan kentucky/red whine.
  4. Penyajian: Siapkan piring saji, atur daging, onion ring, pure kentang dan setup sayuran. Siram dengan saus dan sajikan segera.
Bahan bumbu toping steak
  • gula
  • garam
  • bawang bombai
  • saus inggris
  • kaldu sapi
  • madu
  • maizena
"Cara membuat"
  • Untuk yang satu ini cara membuat saus dari steak tersebut dengan panaskan terlebih dahulu 1 sdm margarin hingga mencair.
  • Jika sudah bawang bombai yang sudah disiapkan ditumis hingga harum.
  • Selanjutnya tambahkan 200 ml kaldu garam, gula secukupnya dan 1/2 sdm saus inggris masak sebentar lalu ditambahkan lagi dengan maizena. Jika sudah terasa matang dan harum langsung diangkat.
Nah, selanjutnya sebelum mengakhiri tutorial ini, mungkin masih bertanya2 soal bahan tambahan atau makanan pendamping yang biasanya disajikan bersama steak, berikut bahan dan cara membuat bahan pelengkap steak tersebut ; 

Bahan makanan pendamping / pelengkap steak
  1. 1 buah tomat, potong sesuai selera, jangan terlalu kecil
  2. 1/2 buah wortel, potong sesuai selera
  3. 1/2 brokoli, potong sesuai selera
  4. 1 buah kentang, kupas potong sesuai selera
"Cara membuat"
  • Siapkan layah khusus oven, campur kan semua sayuran, 1 sdm air jeruk lemon.
  • Taburi 1/2 sdm merica dan garam secukupnya selanjutnya gula secukupnya tambahkan 1 sdm madu,3 sdm minyak zaitun, 1/4 sdm merica dan 2 sdm margarin.
  • Panggang sayuran dengan oven bersuhu 250 celcius. selama 5-10 menit.
Sepertinya sudah terlalu panjang cara membuat steak seperti di restoran kali ini, mungkin ada yang belum jelas soal cara membuat steak ini, silahkan berikan komentar anda!

Baca juga :
  1. Cara Membuat Keju
  2. Cara Membuat Donat 
  3. Cara Membuat Sate 
  4. Cara Membuat Steak


Category Article