Caraways: Defenisi Konsep Secara Umum

Caraways - Defenisi Konsep Secara Umum. Banyak pengetian atau defenisi konsep yang bisa kita gali dari berbagai sumber, mulai dari defenisi konsep yang terdapat dalam kamus besar Bahasa Indonesia, defenisi konsep menurut wikipedia, serta defenisi konsep berdasarkan pendapat para pakar. Nah, mari kita lihat satu per satu defenisi konsep yang dari masing-masing sumber tersebut :

Defenisi Konsep menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam kamus bahasa indoensia, defenisi konsep diberikan 3 alternatif tergantung penggunaan katanya dalam kalimat, yaitu 1. Rancangan atau buram surat dsb; 2 Ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkrit: satu istilah dapat mengandung dua -- yg berbeda; 3 Ling gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain . Atau dengan imbuhan kata dasar konsep :

me·ngon·sep v membuat konsep (rancangan);
pe·ngon·sep n penyusun konsep (rancangan);
pe·ngon·sep·an n proses, cara, perbuatan mengonsep

Defenisi Konsep Secara Umum
Defenisi Konsep menurut Wikipedia
Menurut Wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan defenisi konsep bahwa Konsep merupakan abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Pengertian Konsep itu sendiri adalah universal dimana mereka bisa diterapkan secara merata untuk setiap extensinya. Konsep juag dapat diartikan pembawa arti.

Defenisi Konsep menurut para Pakar

Menurut Woodruf soal defenisi konsep adalah suatu gagasan atau ide yang relatif sempurna dan mempunyai makna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda). Pada tingkat konkrit, konsep merupakan suatu gambaran mental dari beberapa objek atau kejadian yang sesungguhnya. Pada tingkat abstrak dan komplek, konsep merupakan sintesis sejumlah kesimpulan yang telah ditarik dari pengalaman dengan objek atau kejadian tertentu.
Soedjadi mendefinisikan konsep adalah ide abstrak yang digunakan untuk menagadakan klasifikasi atau penggolongan yang apad umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangakaian kata.

Demikianlah pembahasan defenis konsep yang bisa kami berikan untuk anda. Silahkan berikan komentar mengenai defenisi konsep yang anda ketahui.

Baca juga:
  1. Soal Latihan UN SMP Terbaru
  2. Soal Latihan Fisika UN SMP
  3. Defenisi Konsep Secara Umum
  4. Defenisi Konsep Diri
  5. Defenisi Konsep Pemasaran


Category Article