Caraways: Contoh Laporan Praktek Kerja Industri (PKL Industri)

Caraways - Contoh Laporan Praktek Kerja Industri (PKL Industri). Khusus mengenai Contoh Laporan Praktek Kerja Industri (PKL Industri) sebenarnya ada beberapa pilihan industri yang bisa dipilih, namun kali ini pada Contoh Laporan Praktek Kerja Industri (PKL Industri) ini kami mengambil contoh dari industri perhotelan, khususnya pada sekola SMK jurusan Perhotelan. Seperti halnya pada artikel contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan sebelumnya, kami juga mengingatkan bahwa contoh laporan praktek kerja industri ini hanya contoh dan anda bisa menyesuaikannya pada laporan praktek kerja yang sedang anda buat dengan menyesuaikan industri apa yang anda pilih serta dengan mengikuti bentuk susunan laporan praktek kerja industri di bawah.

Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Jurusan perhotelan SMK YAPARI AKTRIPA BANDUNG


BAB I
pendahuluan

1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Praktek kerja lapangan
merupakan salah satu kurikulum yang harus ditempuh oleh Siswa Smk Yapari Aktripa Bandung. Selain untuk memenuhi kewajiban Akademik, diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi jembatan penghubung antara dunia indusri dengan dunia pendidikan serta dapat menambah pengetahuan tentang dunia industri sehingga siswa-siswi mampu mengatasi persaingan di dunia kerja.

Mengingat mutu pendidikan telah menjadi sorotan di mata dunia pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu membuat dunia menjadi lebih maju dan menjadikannya kehidupan yang lebih baik. Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kegiatan mahasiswa dimasyarakat diperlukan adanya suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan mendidik mahasiswa, diantaranya kegiatan yang sangat membangun mahasiswa diadakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Praktek kerja lapangan merupakan suatu kegiatan kerja siswa-siswi yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu. Selain itu, praktek kerja lapangan yang dilakukan dapat membantu siswa-siswi agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata pengimplementasian ilmunya di dunia nyata. Siswa-siswi akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan permasalahan di lapangan sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.

Dengan adanya hubungan kerja sama dari pihak VUE PALACE Hotel Bandung selaku penyedia sarana dan prasaran, yang telah mengizinkan atau memperolehkan Siswa untuk melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Vue Palace Hotel Bandung.

1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Adapun tujuan dari praktek kerja lapangan sebagai berikut:
  1. Sebagai salah satu Syarat akademik yang ditentukan sekolah sebagai syarat kelengkapan menyelesaikan Praktek Kerja Nyata di SMK YAPARI  AKTRIPA Bandung.
  2. Menambah/memberikan keterampilan selama Praktek Kerja.
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi tentang dunia kerja dan hubunganya  dengan dunia pendidikan/akademik sehingga nantinya dapat bermanfaat ketika siswa-siswi memasuki dunia kerja.
  4. Untuk mengetahui sejauh mana kompetensi kami di dunia kerja.
  5. Memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk mengetahui segala aktivitas dan oprasional pada hotel Vue Palace.
1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
 
a. Manfaat bagi Mahasiswa
  1. Dengan mengikuti praktek kerja lapangan, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Hard Skill dan soft skillnya.
  2. Mampu melihat hubungan antara dunia kerja dan dunia pendidikan.
  3. Mampu menggunakan pengalaman kerjanya untuk mendapatkan kesempatan kerja yang diinginkan setelah menyelesaikan kuliahnya.
  4. Dan juga sebagai pengalaman kerja awal buat mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata dan wadah untuk menjalin kerjasama yang baik antara lembaga pendidikan dengan pihak instansi yang terkait.
b. Manfaat bagi Akademik
  1. Dengan pelaksanaan praktek kerja lapangan, sekolah mampu meningkatkan hubungan kemitrian dengan perusahaan.
  2. Mampu mengembangkan program kemitraan lainnya, seperti pertukaran pakar.
  3. Mempu merelevansikan kurikulum mata kuliah dengan kebutuhan dunia kerja.
c. Manfaat bagi Perusahaan
  1. Dengan pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL), diharapkan perusahaan mampu meningkatkan hubungan kemitraan dengan sekolah.
  2. mampu melihat kemampuan potensial yanng dimiliki siswa-siswi peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL), sehingga akan lebih mudah untuk perencanaan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
  3. Dan sebagai wadah penyerapan karyawan atau tenaga kerja.
1.4 Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan penulis (hasan), yaitu tanggal 01 Agustus 2011  sampai dengan 05 januari 2012 , bertempat di VUE PALACE Hotel Bandung.


BAB II
TINJAUAN UMUM VUE PALACE HOTEL Bandung
2.1 Info Singkat Vue Palace
 
Vue Palace Hotel , hadir sebagai salah satu sarana pendukung pariwisata yang siap memberikan tempat peristirahatan terbaik dan service terbaik bagi wisatawan manca negara dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Bandung . Sungguh sangat disayangkan bila Kita berkunjung ke Bandung  tanpa menyempatkan diri untuk melepas kelelahan di Hotel Vue Palace Hotel . “Kami Keluarga Besar Vue Palace Hotel sangat berbangga bisa memberikan Pelayan yang terbaik kepada tamu-tamu terhormat kami.” (Hasan)


2.3 Lokasi

 Vue Palace Hotel Bandung Bertempat di Jalan Otto Iskandardinata  Bandung 40115, Telp. (0)22 4266288

2.4 Perincian kamar dan fasilitas Hotel
 
Room Facilities
Setiap Kamar dilengkapi dengan air panas Dan dingin, Flat TV 21 inc, lantai Marmer  dan karpet, kamar mandi shower dengan air panas dan dingin 24 jam, telpon, dengan disuguhi pemandangan indah Gedung Gubernur Bandung.DLL


Meeting Room

“ Ruang seminar dengan kapasitas 70 orang dan 40 orang  DLL


Looby

“Looby dengan interior yang Indah dan Menarik”.


Restaurant

“ Restaurant yang elegan, sarapan dengan menu Indonesia and Eropa juga menyediakan makan siang dan makan malam dengan resep rahasia dari koki yang profesional dengan cita rasa yang fantastic .


Other Fasilities

Taxi Service, Loundry Service, Parking Area, Bar , Swimming pool , Sauna , Fitnes Center , Restaurant, Dinning Room, DLL
Room Tipe :
  • Suit                                  
  • Standar
  • Super Deluxe                  
  • Deluxe

BAB III
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
DAN PEMBAHASAN

3.1 Deskripsi Lingkup Kerja Praktek Kerja Lapangan


Di dalam pelaksanaan PKL penulis (Penulis)  melaksanakan kerja lapangan selama Kurang lebih 5 bulan Di Departemen House Keeping (Room Section& Public Area Section) Dalam masa pengenalan kerja kurang lebih satu minggu, sebelumnya penulis (hasan) mendapatkan pelatihan dan diberikan petunjuk penggunaan metode kerja yang benar sesuai standard opersionan procedure yang berlaku di Vue palace Hotel Bandung.
 
Kemudian untuk dua minggu pertama penulis melaksanakan pekerjaan dengan menjasi helper atau ikut dengan senior dan setelah dua minggu penulis dipercayakan untuk mengerjakan pekerjaan sendiri pada bagian Public Area Section.

3.2 Kegiatan Operasional

Pelaksanaan operasional Room Attendent & Public Are Housekeeping Departement di Vue Palace Hotel  terbagi atas dua shift yaitu:

Morning shift : 07:00-15:00

Afternoon shift : 15:00-23:00


Jam kerja di Hotel Vue Palace memberikan 1 hari libur dan 5 hari kerja . Kemudian apabila bekerja melebihi jam kerja yaitu lebih dari 8 jam diberikan bayaran  lembur

3.3 Tugas dan tanggung Jawab
Room attendant
 
Morning shift
 
  • 15 menit sebelum harus sudah siap di Housekeeping office untuk tanda tangan di present list 
  • mengambil Housekeeping Task Sheet 
  • Briefing 
  • memeriksa pembagian tugas dan kamar-kamar yang handle with care di Housekeeping Task Sheet 
  • mengambil master key A 
  • Packing Trolley Mulai bekerja membersihka kamar tamu sesuai standar yang telah ditentukan.
Afternoon shift 
  • 15 menit sebelum harus sudah siap di Housekeeping office untuk tanda tangan di Present List 
  • Membantu membersihkan sisa kamar sebanyak 5 kamar yang belum dibersihkan oleh Morning Shift. 
  • Pada jam 18.00 Briefing 
  • Memeriksa pembagian tugas dan kamar-kamar VIP yang handle with careMengambil master key B Mulai bekerja mempersiapkan kamar tamu pada malam hari atau Turn down service

Public Area
Morning Shift & Afternoon Shift
• 15 menit sebelum harus sudah siap di Housekeeping office untuk tanda tangan di present list Dan langsung bekerja Sesuai standar Hotel

3.4 Permasalahan Yang Ditemukan

Selama penulis (hasan) melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Vue Palace Hotel Bandung, permasalahan yang ditemukan cukup banyak, dapat ditinjau dari aspek organisasi, aspek personalia, aspek operasioanal.

Aspek Organisasi

Jika ditinjau dari aspek organisasi, hambatan yang dialamu penulis
(hasan)selama melaksanakan PKL yaitu masih kurangnya kerjasama antara satu departemen dengan departemen lainnya maupun antara satu section dengan section lainnya, yang sering menyebabkan terjadinya kesalahan dalam operasional.

Aspek Personalia

Kurangnya jumlah karyawan, yang kadag-kadang pada saat tingkat hunian atau occupancy tinggi terpaksa harus mengandalkan para trainee untuk bekerja lembur atau kerja separuh waktu di seluruh section baik di Housekeepinh maupun di Service. Kurang harmonisnya hubungan didalam organisasi Housekeeping yang selalu atasan menekan bawahan sehingga banyak bawahan yang Tertekan.

Aspek Operasional

Perlatan yang digunakan sering terjadi rusak yang menyebabkan operasional terganggu. Dan juga lambatnya penanganan dari enginering bila ada peralatan yang rusak dirasakan sangat menghambat operasioanal, sering terjadi kekurangan guest supplies, amentities dan cleaning suplies dalam operasional Housekeeping dikarenakan penghematan biaya dalam pengadaan barang tersebut sehingga tidak sesuai antara pembelian dengan pemakaian. Sering terjadi keterlambatan dalam pengadaan linen dikarenakan terlambatnya distribusi linen dari laundry oleh linen boy, dan banyaknya karyawan lain yang memikirkan diri sendiri .

3.5 Keberhasilan Yang dialami

Keberhasilan yang dialami penulis (hasan)merupakan pengalaman yang sangat berharga selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Vue Palace Hotel antara lain :
  1. Penulis dapat menerapkan ilmu yang didapat dari Sekolah untuk operasional di hotel sekaligus mengembangkannya.
  2. Penulis dapat lebih memahami dunia kerja nyata yang sebenarnya
  3. Penulis  dapat mengetahui bagaimana cara membina hubungan baik antara sesama rekan kerja dengan profesional
  4. Penulis telah mampu untuk merasa percaya diri dalam melaksanakan semua tugas-tugas yang didelegasikan
  5. Penulis mendapat berbagai ilmu yang tidak penulis dapatkan di sekolah
  6. Minimalnya jumlah karyawan membuat Penulis (hasan) mempunyai tanggung jwab untuk melaksanakan operasional secara sendiri
  7. Penulis dapat lebih tenang dalam memecahkan suatau permasalahan.
    Semua keberhasilan yang telah didapat penulis akan sangat bermanfaat bagi penulis nanti diterapkan di kampus dan persiapan dalam menghadapi dunia industri kelak.

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan

Selama empat bulan penullis (hasan)  melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Vue Palace Hotel banyak hal baru yang penulis dapatkan, baik itu dari segi wawasan ataupun keterampilan kerja, adapun beberapa kesimpulan yang dapat penulis tarik dari laporan ini adalah :
  1. Kegiatan Praktek Kerja Industri sangatlah penting untuk mempersiapkan Siswa-siswi  akan menjadi calon profesional di bidangnya.
  2. Selama pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, penulis(hasan) banyak mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru dalam hal operasional, selain itu juga penulis mengalami kemajuan yang pesat dalam hal kedisiplinan.
  3. Tuntutan dunia industri terhadap calon tenaga kerja ataupun siswa yang melakukan program Praktek Kerja Lapangan cukup tinggi baik dari segi skill , knowledge ataupun attitude.
  4. Untuk operasional Housekeeping dan Food and Beverage service Vue palace memiliki standar yang cukup baik dilihat dari digunakannya standar operasional procedure dan standar job description oleh seluruh staff.
  5. Ilmu yang penulis(hasan) pelajari di sekolah sangatlah berguna dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
  6. Semua section saling bekerja sama menghadapi event-event tertentu.
  7. Mengingat sedikitnyajumlah staff setiap dapartment membuat para siswa training memiliki peranan yang sangat penting.
4.2 Saran

Adapun beberapa saran yang dapat penulis sampaikan untuk pihak manajemen Vue Palace HotelDan SMK YAPARI AKTRIPA Bandung barangkali dapat berguna, adalah :
  1. Sebaiknya pihak hotel bersikap lebih bijak dengan menambah jumlah tenaga kerja, agar tidak mengganggu jalannya operasional sehari-hari dan tercapainya kinerja hasilproduk yang lebih maksimal
  2. Alangkah baiknya jam kerja disosialisasikan dengan benar, sehingga tidak terjadi overtime, seolah-olah menajemen hotel memanfaatkan para training para training dalam jalannya operasional pekerjaanSMK YAPARI AKTRIPA BANDUNG harus lebih meningkatkan disiplin semua siswa, mengingat tuntutan dunia industri yang lebih kompeten dewasa ini. 
  3. SMK YAPARI AKTRIPA BANDUNG harus dapat meningkatkan skill dan knowledge siswanya, mengingat persaingan yang semakin ketat dengan melengkapi sarana praktek yang lengkap dan berorientasi dengan perkembangan zaman.

Demikian pembahasan Contoh Laporan Praktek Kerja Industri (PKL Industri) yang bisa kami sajikan buat anda, jika ada pertanyaan seputar Contoh Laporan Praktek Kerja Industri (PKL Industri) silahkan berikan komentar di bawah.

Baca juga :
  1. Contoh Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam
  2. RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter
  3. Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan
  4. Contoh Laporan Praktek Kerja Industri
  5. Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan
  6. Soal Latihan Matematika untuk UN


Category Article