Caraways: RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA

Caraways - RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA. Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA sangat dibutuhkan bagi pengajar agama Islam, karnanya pada kesempatan ini fokus pembahasan RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA saja agar memberikan banyak manfaat buat anda yang membutuhkannya.

RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter

Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMPSMKSMASebelum memulai pembahasan dan contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter ini kami akan memberikan sedikit pengetahuan dasar mengenai ini. RPP adalah kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (PAI). Pengertian PAI sendiri yaitu rencana yang menggambarkan suatu prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam sebuah Standar Isi dan dijabarkan dalam Silabus mata pelajaran. Adapun lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu paling luas mencakup 1 kompetensi dasar yang terdiri atas 1 indikator atau beberapa indikator untuk 1 kali pertemuan atau lebih dalam pelaksanaan pembelajaran.

Contoh RPP Pendidikan Agama Islam SMP/SMK/SMA Kelas 7, 8, 9, 10, 11, 12 atau kelas 1, 2, & 3 untuk SMA/SMK Berkarakter

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah        : SMA/MA ………………………..
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : X / 1
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : Akhlak


A.  Standar Kompetensi
4.         Membiasakan perilaku terpuji.

B.  Kompetensi Dasar
4.1       Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan.
4.2       Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3       Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah. –  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.
–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.
–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.
–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
–  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
–  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
–  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
–  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
–  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
–  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Husnuzhan :
- Pengertian Perilaku Husnuzhan

E.  Metode Pembelajaran:
–  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.
–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.
–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.
–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.
–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.
–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.
–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
–  Bertanya jawab tentang pengertian perilaku husnu zhan. –  Bertanya jawab tentang  prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.–  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah. –  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
–  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
–  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah. –  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
–  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku Husnuzhan
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
  • Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang perilaku husnuzhan?
  • Pernahkah kalian berperilaku husnuzhan?
  • Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku husnuzhan?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang perilaku husnuzhan untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan tentang perilaku husnuzhan baik terhadap Allah maupun terhadap diri sendiri.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti perilaku husnuzhan  kepada siswa.
-      Setelah selesai guru menjelaskan perilaku husnuzhan.
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan.
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku husnuzhan secara berkelompok.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Perilaku husnuzhan  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti selalu berfikir positif terhadap takdir Allah dan tidak berprasangka terhadap nikmat-Nya . Jika direnungkan, betapa Indah dan mulianya bersikap positif tanpa prasangka .

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan  sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan .
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
–  Tes perbuatan (Performance Individu)
–  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
–  Al Quran dan terjemahan DepartemenAgamaRI
–  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

J.   Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Apakah yang dimaksud dengan Husnuzhan itu………….Berfikir dan bersikap yang baik. (Positif Thinking)
2.
Segala musibah yang terjadi di Negeri ini merupakan azab karena kesalahan kolektif dari pemimpin dan rakyat yang tidak menghendaki adanya syariat,dengan tanpa menyalahkan Allah. Merupakan cerminan dari……
  Husnuzhan  terhadap Allah.
3.
Nanang berghorim kepada Udin sebesar Rp. 50.000 dan belum juga terlunasi. Sikap Udin membiarkan karena ia berpendapat bahwa Nanang sedang tidak ada uang dan mungkin tertimpa kesulitan.
Husnuzhan  terhadap sesama manusia.

II. Tes Sikap
No.
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Musibah datang dari Allah untuk memberikan pelajaran dan hikmah.
2.
Allah Yang Berkuasa dan Yang Menentukan .



3.
Tanamkan kebaikan sejak dini karena ia merupakan benih yang akan kita peroleh hasilnya dilain hari



dst
……………………………………………….



Keterangan :                              Skor Tes Sikap:
SS            = Sangat Setuju                               = 50
S              = Setuju                                            = 40
TS            = Tidak Setuju                                  = 10
STS         = Sangat Tidak Setuju                      = 0

III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:
-      apa yang dilihat;
-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
-      laporan dari orangtua murid atau siswa.
                                                                                   



MengetahuiKepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

………….. , ………………………….Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

Pada dasarnya Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA di atas bisa diterapkan pada semua bentuk RPP hanya saja perlu sedikit modifikasi dari pengajar bagaiman agar Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA tersebut bisa diaplikasikan pada anak didiknya masing-masing.

Sebagaimana diketahui bahwa Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA bisa mencakup antara kelas 7, 8, atau 9 pada tingkat SMP dan kelas 10, 11, dan 12 untuk SMA/SMK. Pada modifikasi Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA di atas khususnya untuk tingkat SMP, maka yang diperlukan adalah sedapat mungkin diubah dalam bentuk ceramah sedangkan untuk tingkatan SMA disarankan lebih komunikatif antara guru dan anak didiknya dengan pertimbangan umur dan kemampuan menangkap pelajaran antara dua tingkatan tersebut.

Bila ada pertanyaan seputar Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA silahkan berikan komentar anda khusus mengenai Contoh RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter:SMP/SMK/SMA tersebut.

Baca juga :
  1. Contoh Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam
  2. RPP Pendidikan Agama Islam Berkarakter
  3. Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan
  4. Contoh Laporan Praktek Kerja Industri
  5. Contoh Laporan Praktek Kerja Perpustakaan
  6. Soal Latihan Matematika untuk UN


Category Article