Caraways: Bila Font Hasil Print Word/Excel Jadi Kecil?

Caraways - Kenapa Font Hasil Print Word/Excel Jadi Kecil? Berawal dari pengalaman dikantor ketika print dokumen dari file word 2007 di printer Canon yang tiba-tiba font hasil printnya jadi kecil dan tidak sesuai dengan settingan sebelumnya, akhirnya saya cari solusinya lewat google bagaimana agar font hasil print di word 2007 tersebut bisa normal lagi. Tapi, saya tidak menemukan satupun artikel yang memberi solusi soal Kenapa Font Hasil Print Word/Excel Jadi Kecil? ini. Akhirnya saya pecahkan sendiri masalahnya dan berhasil deh! Untuk itu, kali ini saya mau berbagi buat teman-teman pengunjung setia blog ini agar bisa memecahkan masalahnya juga mengenai font hasil print yang mengecil.

Font Hasil Print Word Excel Jadi Kecil
Mengatasi masalah Font (Ukuran Huruf) MS. Excel yang jadi Kecil

Sebenarnya kalau masalah Font Hasil Print Excel Jadi Kecil solusinya mudah karna ada tombol yang bisa dipilih untuk merubahnya. Namanya ''Print Scale" atau Skala Print. Skala print pada pengaturan hasil print di excel 2007 dan sebagainya diukur dengan ukuran persentase (%). Jadi, kalau persentasenya 100% berarti normal dan kalau dibawahnya berarti skalanya berkurang atau lebih kecil hasil printnya nantinya. BErikut cara pengaturannya :
  1. Jika file excel sudah siap diprint silahkan klik tombol menu 'file'
  2. Pilih 'Page Setup'
  3. Kemudian setelah terbuka halaman Page Setup-nya, klik menu 'Page'
  4. Cari dihalaman 'Page' di atas tulisan 'Adjust To' (sebagai pengatur skala print atau skala besar-kecilnya hasil print) yang disampingnya tertera pilihan nilai persentase. Ubah menjadi 100% sebagai skala normalnya jika seandainya tertulis lain. Dalam kondisi lain bisa saja tidak tertulis 'Adjust To' tapi 'Print Scale' atau 'Skala Print'.
  5. Tinggal klik 'Ok' dan siap diprint.
Cara di atas juga bisa digunakan untuk memprint dokumen atau file excel yang terlalu besar yang tidak memungkinkan lagi mengurangi ukuran kolom-kolomnya. Nah, dengan cara ini maka skalanya akan diperkecil sehingga muat untuk diprint semua dalam satu halaman.

Selain cara diatas, sebenarnya cara  Mengatasi masalah Font (Ukuran Huruf) MS. Word yang jadi Kecil di bawah ini juga bisa digunakan jika seandainya tidak terpecahkan juga masalahnya.

Mengatasi masalah Font (Ukuran Huruf) MS. Word yang jadi Kecil

Untuk solusi mengatasi masalah font (Ukuran Huruf) MS. Word yang jadi Kecil sulitnya karna tidak ada tombol yang bisa dipilih untuk mengaturnya, sekalipun itu MS Word 2007. Besar kemungkinan bila masalah ini terjadi bisa saja dan bahkan kemungkinan masalahnya ada pada printer yang digunakan, baik itu printer canon maupun epson dan HP. Berikut cara mengatasi masalah Font (Ukuran Huruf) MS. Word yang jadi Kecil yang juga bisa dipraktekkan pada file MS. Excel jika masalahnya ada pada printernya.

Pertama : Jika font hasil print Word/Excel jadi kecil yang tulisannya terlihat sangat kecil dengan margin yang semakin lebar biasanya saya mengatasinya dengan mematikan terlebih dahulu print yang saya gunakan kemudian menyalakannya lagi. Cara ini umumnya berhasil karna besar kemungkinan printer yang terlalu lama menyala mengalami sedikit perubahan.

Kedua : Beberapa solusi yang bisa dilakukan selanjutnya jika font hasil print Word/Excel jadi kecil diantaranya dengan mengecek print preview, persentase ukuran tampilan word yang ada di bagian sudut kanan bawah, dan ukuran kertas. Sekalipun settingan tersebut sudah benar tetap lakukan klik untuk mengulang dan tekan lagi Ok. Hal ini bertujuan agar merefresh kembali sistem yang mungkin terjadi kesalahan.

Bila ingin berhasil lakukan kedua cara diatas secara bersamaan sebelum kembali mencoba hasil print anda.

Sepertinya cukup soal Kenapa Font Hasil Print Word/Excel Jadi Kecil? ini. Bila ada pertanyaan silahkan diajukan lewat komentar artikel Kenapa Font Hasil Print Word/Excel Jadi Kecil? ini. Jika ada waktu InsyaAllah saya jawab.

Baca juga :
  1. Seputar Koperasi Simpan Pinjam
  2. Manfaat Minyak Ikan
  3. Antivirus Menghindari Virus dari Flashdisk
  4. Seputar soal Serangga Tomcat
  5. Jika Font Hasil Print Word/Excel Mengecil


Category Article