Caraways: SERANGGA TOMCAT (Obat dan Caranya)

Caraways - SERANGGA TOMCAT : Semua Ilmu Tentang Tomcat akan dijelaskan disini, mulai dari apa itu serangga tomcat?, jenis serangga tomcat, cara membasmi serangga tomcat, tips cara menghindari dan menjauhi serangga tomcat, gambar serangga tomcat, info/berita soal kasus serangga tomcat, dan masih banyak lagi ilmu seputar serangga tomcat yang akan di bahas disini termasuk pakar soal serangga tomcat. Mari kita mulai bahas satu per satu serangga berbahaya ini!

serangga tomcat
Apa itu serangga tomcat?

Nama lain dari serangga tomcat sangat beragam, diantaranya sering juga disebut serangga rove atau kumbang rove, semut semai, semut kanai, semut kayap atau Charlie. Dan mungkin masih ada lagi penamaan lain mengenai serangga tomcat ini yang masing-masing berbeda di setiap daerah.

Bentuk fisik serangga ini berwarna belang merah hitam dengan ukuran umumnya tidak melebihi 1 cm. Serangga tomcat pada dasarnya adalah teman petani dalam membasmi hama wereng karna kebiasaannya memakan telur serangga lain pemakan daun , tapi karna lahan sawah yang tiap tahun berkurang sehingga hewan yang muncul sepanjang tahun yang puncaknya antar juli - september ini mulai menyerang perumahan penduduk. Serangga tomcat juga dikenal senang dengan cahaya di malam hari seperti halnya serangga lain yang senang berkerumun di lampu yang menyala di malam hari.

Racun Serangga Tomcat

Toksin Paederin! Ya, Racun yang berasal dari tubuh serangga ini dikenal sangat kuat. Bahkan beberapa pakar menyebutkan bahwa racun tersebut memiliki konsentrasi 12 kali lebih tinggi dari racun ular cobra. Dalam beberapa kasus beberapa pekan terakhir ini terlihat diberitakan dampak dari sengatan racunnya yang membuat tubuh seorang bocah tampak melepuh seperti habis terkena luka bakar. Dan beberapa korban juga menyebutkan bahwa racun dari serangga tomcat ini terasa sangat panas dan menimbulkan gumpalan cairan dalam kulit.

Jangan mengira bahwa penyebaran racun dari tubuh serangga tomcat ini hanya bila anda bersentuhan, karna disebutkan bahwa karakteristik dari pola serangga tomcat ini dalam menyebar racunnya juga biada dilakukan di pakaian seperi handuk, baju, dan pakaian-pakaian yang lain yang tergantung.

Jenis Serangga Tomcat

Pada dasarnya ada 12+ jenis serangga tomcat ini berdasar pada pernyataan dari pakar serangga LIPI, Hari Sutrisno yang mengatakan bahwa   "Ada 12+ jenis serangga jenis ini. Namun yang paling banyak disini adalah Paederus fasciatus. Jadi kemungkinan yang di Surabaya adalah jenis ini," jelas Hari.

Jenis serangga tomcat ini pada dasarnya tidak menyerang hanya saja ketika tersentuh dan merasa terganggu maka secara otomatis akan mengeluarkan toksin dalam tubuhnya.

Tps cara membasmi serangga tomcat / Cara mengobati sengatan serangga tomcat

Karna serangga tomcat sebenarnya bukanlah hama melainkan pestisida alami bagi petani maka sebaiknya kita tak perlu membasmi serangga ini dengan bahan kimia. Cukup dikumpulkan dan dikembalikan ke tempat berumput saja ketika menemuinya. Tapi, bila anda terlanjur terkena racunnya maka sebaiknya bilas dengan air sabun untuk mengurangi dampak sengatannya.

Karna saat ini serangga tomcat sudah mulai menyerang hampir seluruh pulau jawa maka disarankan untuk setiap kali memakai pakaian seperti baju, celana, topi maupun sepatu yang telah disimpan di tempat terbuka sebaiknya dikebut-kebut atau dikepak-kepakkan terlebih dahulu agar jika seandainya ada serangga tomcat yang menempel dapat hilang dan menghindari sengatannya.

Serangan serangga tomcat di sejumlah daerah

Serangga tomcat pertama kali diberitakan menyerang warga penghuni apartemen di Surabaya dan sampai saat ini serangga tomcat dikabarkan telah menyerang seluruh pulau jawa. Sore tadi dikabarkan di sebuah stasiun TV bahwa warga Jogja yang rumahnya berdampingan dengan sawah juga terserang satu keluarga. Dan berita terbaru disebutkan bahwa serangan serangga ini bukan hanya di jawa timur namun sudah sampai ke Jakarta.

Gambar-gambar serangga tomcat

foto serangga tomcat

mengatasi serangga tomcat

jenis serangga tomcat


Mengenai Video serangga tomcat anda bisa mendownloadnya melalui youtube dengan cukup mengetikkan kata kunci video serangga tomcat.

Sebenarnya masih banyak yang bisa dijelaskan soal artikel "SERANGGA TOMCAT : Semua Ilmu Tentang Tomcat" ini, tapi sepertinya beberapa pengetahuan dan tips mengenai SERANGGA TOMCAT diatas paling tidak sudah mewakili.

Baca juga :
  1. Seputar Koperasi Simpan Pinjam
  2. Manfaat Minyak Ikan
  3. Antivirus Menghindari Virus dari Flashdisk
  4. Seputar soal Serangga Tomcat
  5. Jika Font Hasil Print Word/Excel Mengecil


Category Article ,